Friday 21 September 2007

Software Freedom Day 21-22 September 2007

SOFTWARE FREEDOM DAY (SFD) adalah perayaan free dan open source software yang dirayakan diseluruh dunia setiap tahun. SFD merupakan suatu gerakan dalam mendukung pendidikan untuk masyarakat (public education effort), SFD bukan hanya sebuah perayaan yang melihat keunggulan free dan open source software, tetapi juga sebuah perayaan yang mendorong penggunaan dan pemanfaatan free dan open source software oleh masyarakat.

SFD pertama kali dirayakan pada tanggal 28 Agustus 2004 dimana 70 tim berpartisipasi dalam acara tersebut. Sejak perayaan tersebut diselenggarakan, dan dikenal sangat luas oleh publik, maka perayaan SFD yang kedua kembali digelar para tanggal 10 September 2005. Perayaan tersebut diikuti lebih dari 300 tim dari 60 negara di dunia. Sponsor utama SFD tahun 2005 – 2006 adalah Canonical Ltd, sebuah perusahaan komersial yang mendukung proyek Ubuntu.

Mulai tahun 2006 diputuskan bahwa SFD diselenggarakan setiap tahunnya pada hari Sabtu minggu ketiga bulan September dimana pada tahun ini jatuh pada tanggal 15 September 2007.

Menyambut Perayaan SFD 2007 di Indonesia Komunitas Athenaeum Light Indonesia (KALI) menyelenggarakan SFD’ 07 pada tanggal 21 - 22 September 2007 dengan mengusung tema:

Bringing software freedom to a library near you”.

Tema tersebut sengaja diangkat karena sampai saat ini kebutuhan mengembangkan perpustakaan secara sistematis dan terotomasi masih dianggap sesuatu yang sulit dan mahal, khususnya pada perpustakaan sekolah, perpustakaan komunitas, taman bacaan. Oleh karena itu, dengan mengusung tema tersebut di atas, perayaan SFD 2007 bertujuan memperkenalkan produk-produk free/open-source software untuk sistem informasi manajemen perpustakaan kepada masyarakat, akademisi, praktisi dan pengelola perpustakaan baik perpustakaan sekolah, perpustakaan komunitas maupun taman bacaan masyarakat, sehingga muncul kesadaran untuk turut mengembangkan dan memanfaatkan Free and Open-Source Software (FOSS) untuk menjawab masalah-masalah dalam membangun Library Automation secara mudah murah dan berkelanjutan.


Sabtu, 22 September 2007

17.00 -18.00

TALKSHOW & NGABUBURIT

Bringing software freedom to a library near you.

Pembicara:
1. Harkrisyati Kamil, Ketua ISIIPI
2. Hendro Wicaksono – Igloo Developer & Kopimanis Community
3. Ari Nugraha – X-Igloo Developer & Kopimanis Community
4. Hanna Latuputy – Ketua APISI
5. Dessy Sekar Astina – Forum Indonesia Membaca
6. Didik Witono – Presiden KALI
7. Yudo Giri Sucahyo– Praktisi Komputer (dalam konfirmasi)

8. Romy – Ilmu Komputer (dalam konfirmasi)

Ruang Tengah library@senayan

No comments: