Sunday 21 October 2007

Kampanye Bangkit dan Suarakan 2007

KAMPANYE BANGKIT DAN SUARAKAN

(STAND UP AND SPEAK OUT)

DALAM RANGKA

HARI PENANGGULANGAN KEMISKINAN SEDUNIA 2007

Dalam rangka hari penanggulan kemiskinan sedunia akan dilakukan kampanye Bangkit dan Suarakan di seluruh dunia termasuk Indonesia untuk menyuarakan dukungan melawan pemiskinan dan mendukung Tujuan Pembangunan Milenium di seluruh dunia.

Bangkit dan Suarakan (Stand Up and Speak Out) adalah upaya bersama Kampanye Milenium PBB dan Aliansi Seruan Dunia bagi Aksi Melawan Pemiskinan (Global Call to Action Against Poverty) untuk mengajak jutaan orang mendesak keterlibatan lebih besar dalam penyusunan kebijakan yang terkait dengan masyarakat luas termasuk penetapan anggaran pemerintah, penghapusan hutang luar negeri, perbaikan layanan dasar dan tata kelola pemerintahan yang baik untuk mengatasi krisis kemiskinan yang ada di dunia saat ini. Hari ini adalah kesempatan unik dan spesial bagi seluruh dunia untuk menyuarakan ”one voice, one goal, on one day all over the world”. Tahun lalu lebih dari 23 juta orang ikut serta dalam kegiatan ini dan membuat rekor dunia baru sebagai mobilisasi massa kampanye dalam waktu 24 jam. Tahun ini lebih dari 100 negara akan berpartisipasi termasuk 22 propinsi di Indonesia dan hasil penghitungan massa akan dihitung serentak pada tanggal 18 Oktober 2007.

Pada tahun 2000, para pemimpin dunia termasuk Indonesia telah membuat komitmen untuk melakukan segala upaya dalam kemampuan mereka untuk mengakhiri kemiskinan pada tahun 2015, melalui Tujuan Pembangunan Milenium. Tahun ini menandai separuh perjalanan menuju batas waktu itu, namun masih ada 1 miliar penduduk dunia yang hidup dengan US$ 1 per hari.

Bangkit melalui SMS dan internet – Di samping berbagai kegiatan yang dilakukan, jutaan orang di seluruh dunia akan bergabung melalui berbagai halaman internet melalui blogs, wikis, video, gambar dan lalinnya melalui www.standupagainstpoverty.com dan komunitas internet lainnya seperti YouTube, Facebook dan MySpace. Di berbagai negara termasuk Indonesia, jaringan online juga telah dibangun sebagai pusat informasi dan pelaporan kegiatan yaitu www.stoppemiskinan2015.org. Dan untuk menjaring dukungan dan menyalurkan aspirasi lebih banyak, semua orang bisa dengan mudah melakukannya melalui SMS ke 9700 (tarif Rp 1.000,-/sms) untuk semua operator seluler Indonesia. Aspirasi dan dukungan yang masuk melalui internet dan SMS akan diperhitungkan sebagai dukungan masyarakat.

Masih dalam libur hari raya Idul Fitri puluhan kegiatan akan dilakukan pada tanggal 17 Oktober 2007 selama 24 jam di Indonesia termasuk di DKI Jakarta, momen Bangkit dan Suarakan diarahkan untuk dilakukan di tempat-tempat umum dimana masyarakat menikmati waktu bersama dan mengajak keluarga atau teman-teman dekat untuk tetap bisa menyuarakan aspirasi melawan pemiskinan, seperti di sejumlah area di Taman Impian Jaya Ancol, Kebun Binatang Ragunan, Taman Monas, Taman Menteng dan Atrium Senayan City.

Khusus di Atrium Senayan City pada pukul 13.00 – 20.00 WIB acara yang dipandu oleh pasangan Valerina Daniel – Indra Bekti dan Olga Lydia – Temon akan diisi dengan testimony dari Catherine Wilson, Maylaffayza, Shanty, Dwi Andika, Teuku Wisnu, Ussy Sulistiowati, Jupiter Fortissimo, Adi Kurdi, Dimaz Andrean, Tesadesrada Ryza, Verlita, Nena Rosier dan Talitha Latif. Sedangkan hiburan akan diisi yoga dari The Art of Living serta band dan akustik oleh Piyu Padi, Ecoutez, Antique Band, Faro Band, Sweet Hurricane Band, Piyu Band dan Freedom Bikers band. Sebagai penghujung kegiatan kampanye di wilayah DKI Jakarta seluruh relawan dan pengisi acara di seluruh wilayah DKI Jakarta dipandu oleh Ibu Erna Witoelar akan mengikrarkan Bangkit dan Suarakan sekaligus menutup kegiatan kampanye.

No comments: